Ratusan Delegasi Luar Negeri Meriahkan Festival Cross Culture International Folk Festival 2017

By Admin

nusakini.com-Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya menggelar Cross Culture International (CCI) ke-13 dengan Tema Folk Art Festival., Minggu (16/7). 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Widodo Suryantoro menuturkan pada hari ini pemkot sudah menyelenggarakan Cross Culture International Festival tahun 2017 yang diikuti oleh 7 negara antara lain yaitu China, Rusia, Slovakia, Kanada, Polandia, Thailand dan Lithuania. dan dari dalam negeri yaitu Bali, Jawa Barat, Yogyakarta, Aceh, dan Surabaya. mengambil tema "Folk and Art" kegiatan ini telah menjadi perekat hubungan peradaban antara Indonesia dengan negara-negara lain. 

Pagi tadi sebanyak sekitar 250 peserta dari berbagai negara tersebut telah memperkenalkan sekaligus mempromosikan budaya dari negaranya masing-masing. mereka berjalan sepanjang 4,8 km dengan rute start dari Taman Bungkul dan Finish di Monumen Bambu Runcing. 

Sebelumnya, juga telah diadakan Festival Tari Yosakoi pada 9 Juli 2017 di Taman Surya. Acara tersebut diikuti 40 grup yang terdiri dari sekitar 1000 peserta. Widodo menuturkan, Jepang menjadi satu-satunya negara yang menampilkan Tari Yosakoi di Taman Surya karena negara Sakura tersebut telah menjalin hubungan kerjasama kota kembar atau yang biasa disebut sister city dengan Surabaya. 

Acara yang diadakan setiap tahun tersebut, akan berlangsung dari tanggal 16-20 Juli 2017 dan nantinya akan digelar di beberapa lokasi antara lain, Taman Surya, Gedung Balai Pemuda, Gedung Balai Kota, Gedung eks-siola, Balai Budaya Surabaya, Taman Bungkul, G-Walk Citraraya Surabaya, Ciputra World dan Royal Plaza. (p/ab)